Sabtu, 14 Maret 2009

Pembelajaran Kreatif Menggunakan Media Pohon Matematika

Media pembelajaran pohon matematika dikonstruksi oleh Subanji pada tahun 2007 dan telah disajikan dalam seminar nasional di Makasar (sebagai keynote speaker). Pembelajaran dengan media Pohon matematika ini diawali dari keprihatinan melihat pembelajaran yang banyak memberi soal kepada siswa dan siswa diminta untuk mencari jawaban soal tersebut. Gagasan awal pohon matematika adalah membalik kebiasaan tersebut, yakni memberikan suatu jawaban, siswa diminta untuk menyusun soal yang jawabannya sudah diberikan. Pada tahapan berikutnya orientasi pembelajaran dengan media pohon matematika diarahkan untuk membangun kemampuan bernalar siswa. Sangat banyak penalaran siswa yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran ini. Sampai saat ini sudah banyak skripsi yang meneliti efektifitas pembelajaran menggunakan media pohon matematika ini. Kalau ingin tahu lebih jauh media pohon matematika klik di sini

10 komentar:

embi mengatakan...

tolong diupload lagi dong filenya. soalnya saya penasaran tentag metode belajar matematika yg menyenangkan itu. kalo bisa filenya di kirim ke emailku aja di embi_sugara@yahoo.co.id

Azti Azizah mengatakan...

Asslamualkum< pak saya tulisan bpk!tolong kirim filenya yah pak k email saya ,,,astysay@gmail.com.
terimakasih

nadia_hidayat91 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nadia_hidayat91 mengatakan...

assalamualaikum...
pak saya minta alamat bapak atau nomer telfon, karena saya ingin menghubungi bapak untuk refrensi skripsi saya.
ni email saya:
nadia_hidayat91@yahoo.com
makasih

adhi mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM,,pak bisa bantu saya..??saya minta tolong dikirimi judul buku yang didalamnya memuat media pohon matematika,,,,ke email:Amri_adhy@yahoo.com!!

adhi mengatakan...

Assalamu alaikum pak tolong bantu saya,,!!saya ingin judul buku yang memuat media pohon matematika,,tolong referensi buku-bukunya dikirim ke email:Amri_adhy@yahoo.com

evi tri fauza mengatakan...

maaf ya pak mengganggu saya minta tolong untuk dikirimi referensi atau file yang dapat saya gunakan untuk menyusun skripsi mengenai pohon matematika,soalnya saya sudah cari-cari bkunya ditoko-toko dan perpustakaan belom ketemu.ini email saya evitrifauza@gmail.com
terimakasih sebelumnya

sugianto_vijjayasena mengatakan...

Info yang sangat berguna Pak. guru kreatif, belajar efektiif

DZAKIRUL BLOG'S mengatakan...

Ass.... mohon di kirimkan ke email saya referensi/rujukan untuk pembelajaran matematika bermakna. saya lagi menyusun tulisan untuk lomba kreatifitas guru. email saya dzakirulhusni@gmail.com

Ibu Guru Izzah mengatakan...

saya mau download link.y tapi kok sudah tidak ada lg di 4share.