Senin, 30 Maret 2009

Penyusunan Soal Pilihan Ganda

Melaksanakan penilaian merupakan suatu keharusan dalam proses pembelajaran. Karena penilaian dapat digunakan untuk: (1) mendiagnosis tingkat pengetahuan dan ketrampilan siswa, (2) memonitor kemajuan pembelajaran sekaligus untuk membantu memformulasikan program pembelajaran yang lebih baik, dan (3) menyediakan data untuk mengambil keputusan tingkat keberhasilan belajar siswa. Untuk mengembangkan alat penilaian yang baik, harus menggunakan prinsip-prinsip: (1) sahih, (2) objektif, (3) adil, (4) terpadu, (5) terbuka, (6) menyeluruh dan berkesinambungan, (7) sistematis, (8) beracuan kriteria, dan (9) akuntabel. Dalam menyusun soal perlu mengembangkan kisi-kisi yang mewakili isi kurikulum yang akan diujikan, komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami serta soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan. Terdapat empat aspek yang perlu diperhatikan dalam pemilihan materi penyusunan kisi-kisi: (1) urgensi, (2) relevansi, (3) kontinuitas, dan (4) kontekstual. Khusus dalam penyusunan soal pilihan ganda, perlu memperhatikan tiga aspek: (1) materi, (2) konstruksi, dan (3) bahasa. Secara lengkap makalah ini bisa di klik di sini

3 komentar:

jsuwarno mengatakan...

assalam...

pak, saya sudah nyoba buat slide...

bisa diliat di

http://jsuwarno.blogspot.com

wassalam

Unknown mengatakan...

assalamualaikum...
pak saya minta alamat bapak atau nomer telfon, karena saya ingin menghubungi bapak untuk refrensi skripsi saya, saya mau cari buku bpak yg ada ttng kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, saya sudah cari sumbernya, tapi cuma ketemu dari skripsi2.
ni email saya:
febi_rinifebrina@yahoo.com
makasih

Fauzi Online mengatakan...

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat silahkan berkunjung juga ke blog aku yah.. http://uzi-online.blogspot.com Salam kenal